Senin, 23 Juli 2012

GP2 Rio Haryanto Finish ke-13 tetap yang terhebat

GP2 Rio Haryanto Finish ke-13 tetap yang terhebat

Pembalap Indonesia, Rio Haryanto, tampil lebih baik di race sprint race GP2 Series Jerman, di sirkuit Hockenheimring, Minggu, 22 Juli 2012. Memulai balapan dari posisi ke-17, pembalap Marussia Carlin GP2 Team ini finis di posisi ke-13 dengan catatan waktu 41 menit 1,093 detik.

Jika di race pertama Rio salah strategi, di race kedua ini dia tak lagi mengalami masalah teknis selama balapan di lintasan 4,574 kilometer ini. “Mobil hari ini sangat kompetitif, saya berhasil menjaga kondisi ban untuk bisa dipakai bertarung di setengah bagian akhir race,” ujar Rio hari ini, Minggu 22 Juli 2012.

Pada lap pembukaan, Rio nyaris terlibat dalam insiden yang melibatkan rekan setimnya Max Chilton keluar lomba. Beruntung, dia bisa mengatasi keadaan dan memulai balapan kembali setelah safety car keluar.

“Start saya termasuk buruk. Setelah berhasil menghindari mobil rekan setim yang mengalami insiden, saya kembali kehilangan dua posisi,” ujar pembalap asal Solo, 19 tahun ini.

Rio kemudian berusaha memperbaiki posisinya dengan mengambil alih posisi pembalap di depannya, Canamasas di urutan ke-16. Kemudian, di lap ke-10, dia menyalip Gonzales sehingga maju ke posisi 15. Rio kemudian terus membayang-bayangi Julian Leal yang hanya berselisih 0,3 detik di depannya.

Di lap ke-18, Rio berhasil memperbaiki lap tim-nya menjadi 1 menit 27,262 detik dan menempati posisi ke-13 selama 5 lap berikutnya. Pada lap ke-23, Rio mendapat celah menyalip Julian Leal sehingga bisa menduduki posisi ke-12. Sayang, menjelang 2 lap terakhir, Rio kembali terlibat dalam pertarungan beberapa pembalap sehingga harus kembali ke posisi ke-13.

Lomba GP2 Series ke-8 ini dimenangkan oleh James Calado dari tim Lotus dengan catatan waktu 40 menit 18,134 detik. Di posisi kedua ditempati Giedop van Der Garde dari tim Caterham Racing yang finis 7, 962 detik di belakang Calado. Dan, di posisi ketiga diraih Felipe Nasr dari tim DAMS dengan selisih waktu 17,509 detik

Dengan hasil ini, puncak klasemen sementara masih dipegang oleh Luiz Razia dari tim Arden Internasional dengan 171 poin. Peringkat kedua ditempati oleh Davide Valsecchi dari DAMS dengan 159 poin. Sementara posisi ketiga diduduki Esteban GutiƩrrez dengan 129 poin. Adapun Rio masih tetap di posisi ke-15 dengan 27 poin.

Rio berharap di race ke-9 nanti di Hungaria bisa tampil lebih baik lagi. “Semoga saya bisa mendapatkan hasil kualifikasi yang baik untuk kembali berusaha mencerak poin di kedua race,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar